Langsung ke konten utama

MAPALA DAN HUKUM ENTHROPY .... JIKA MAPALA DIBERLAKUKAN LAYAKNYA BENDA

MAPALA DAN HUKUM ENTHROPY ....
JIKA MAPALA DIBERLAKUKAN LAYAKNYA BENDA


Masih ingat ... ?
Hukum termodinamika ke 2 dari Sadi Carnot, tentang enthropy alias kekacauan energi ? , begini .... dalam sebuah sistem tertutup, maka energi negatip atau enthropy alias kekacauan akan meningkat, menuju equlibrium / kesetimbangan akhir, yaitu kematian panas.
Ambil contoh, motor berikan bensin sebanyaknya, lalu nyalakan biarkan langsam selama sejam, sehari, seminggu, sebulan, dst. .... jangan dimatikan.
Akibatnya kita tahu, bahwa suatu saat mesin akan jebol sendiri. Entah ring sehr nya, entah piston nya, bahkan sebuah sekrup lepas, lalu mesin akan mati. Kemudian perlahan semua mendingin kembali, dan blok mesin akan dingin sebagai sebuah keseimbangan akhir.
Kenapa mesin jebol, ya karena tadi. Energi positip akan menurun, sebaliknya energi negatip / kekacauan / enthropy akan naik sejalan dengan waktu. Sampai akhirnya mesin tak sanggup lagi hidup.
Apapun yang dikenai oleh hukum enthropy ( enthropy positip ), niscaya dia benda alias sebuah struktur materi. Salah satu cirinya yang paling umum adalah, bahwa kematian bisa terjadi cukup dengan satu penyebab saja. Lalu seluruh sistem akan mengalami kelumpuhan, menuju ekulibrium akhir, yaitu kematian panas itu sendiri.
Sebaliknya, jika sesuatu yang bukan materi / mesin, maka hukum enthropy tak berlaku. Yaitu kekacauan akan menurun, dan ketertataan akan semakin meningkat. Artinya kebalikan dari enthropy positip alias sebuah entrhopy negatip, dimana sebuah keseimbangan baru dicapai dalam dinamika yang semakin meningkat.
Contohnya jelas, maka eksisten tadi berupa organisme. Lengkap dengan seluruh ranah kesadaran, kecerdasan dan aspek otonom nya. Dipuncaknya jelas, maka dia berupa manusia, dimana hak otonom secara ultimate dikatakan sebagai free-will alias sang kehendak bebas.
Ciri utama dari organisme, selain berkesadaran, bahwa dia hanya bisa mati oleh penyebab berganda. Bukan penyebab tunggal layaknya benda / mesin. Biasa disebut sebagai kegagalan organ berganda, dan orang medis biasa menyebutnya sebagai komplikasi. Yaitu akibat adanya penyebab yang bersifat looping serta terus menerus. Sehingga muncul istilah gagal ginjal, gagal jantung, dsb. Akhirnya menjadi penyebab bagi kematian biologis. Kalau yang berhenti pada denyut jantung, napas berhenti serta otak yang tak berlistrik lagi, disebut dengan kematian klinis.
Mengapa organisme tidak dikenai hukum entrhopy ? seperti layaknya mesin benda materi ?
Jawabnya sudah ditulis duluan, yaitu karena organisme bukanlah sebuah sistem tertutup. Dia bersifat terbuka, dan senantiasa memanfaatkan aliran energi, kalori, informasi, zat, dslb., untuk terus menerus memperbaharui dirinya, dalam proses metabolisma dan regenerasi, agar tetap eksis, bahkan berkembang semakin meningkat secara dinamis.
Pandangan lain dari pendekatan ini adalah, ... jaring-jaring yang semakin kompleks, akan membuat sebuah eksisten berlaku layaknya sebuah organisme, yang mempunyai kesadaran dan kecerdasan sendiri ( otonom ). Contohnya sistem automathon, yang berfungsi untuk mencari keuntungan semata dalam casino global. Amerika nyaris collaps pada krisis th 2008 yang lalu, karena dirugikan sebesar 600 milliar dollar. Sistem automathon, sang macan peliharaan ternyata memakan tuannya sendiri.
Dus ....
Bagaimana caranya mematikan organisme yang berkesadaran dengan sekali pukul, melalui mekanisme hukum entrhopy, seperti pada mesin atau benda ? .... gampang saja.
Masukan mereka kedalam sebuah sistem tertutup . Pastikan tidak ada aliran energi, zat, informasi, pembaharuan, pencerahan, yang bisa masuk. Sebuah upaya untuk mengisolasi dan mengalienasi. Seraya melepas dari tatanan sekitarnya, lalu berubah menjadi close-minded. Dan hanya dibutuhkan sebuah penyebab tunggal, maka sistem dimatikan, persis kaya orang matiin saklar lampu. ... trek lalu pet, alias matot !
Organisme berkesedaran yang dimaterialisasi sehingga hukum enthropy bisa diberlakukan. Baik dengan cara mendadak, atau sebuah pembiaran atas kekacauan ( energi negatip ) yang membawa pada proses mati suri secara perlahan.
Cara lain yang paling umum adalah dengan pendekatan “struktur” sebagai sesuatu yang paling primer, dimana “fungsi” menjadi bersifat sekunder. Struktur ( materi ) lebih dipentingkan ketimbang fungsi ( kesadaran ). Hasilnya pasti berupa hambatan struktural alias hambatan birokratis. Karena pada setiap bagan struktur tadi pasti ada berhalanya. Yang dengan pongah selalu mengulang ulang kalimat ... kalau enggak ada gue, kagak bakalan jalan. Kata sinergis menjadi kabur, karena hal ini hanya bisa terjadi jika pendekatan primernya melalui fungsi ( contoh tujuan, manfaat , dsb ). Dan samasekali bukan berhala struktural.
Hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang masih berfikir di abad 20 kemaren, dimana budaya materialisme ala newtonian masih dijagokan. Sebuah pemikiran usang yang out of date di abad 21 ... kecuali, memang sebuah kesengajaan, demi kepentingan status-quo dari pihak-pihak tertentu. Karena alangkah naifnya jika kalangan birokrat dan teknokrat serta akademisi, tidak menyadari perkembangan keilmuan ini.
Willis Harman dalam Global Mind Change menyebutkan, bahwa pada abad kemaren yang berlaku adalah Matter give rise to Mind. Atau materi dulu, baru kesadaran. Sedang untuk abad 21 berlaku terbalik, yaitu Mind give rise to matter. Fungsi adalah induk dari struktur, sedang struktur hanyalah derivat turunan dari adanya fungsi.
Mapala ...
Dia mewakili sebuah fungsi, yaitu pusat pusat pengkaderan dari manusia dan pemimpin yang berkarakter dimasa depan. Yang sadar sepenuhnya, bahwa knowledge is power, but characters is more. Karakter yang menentukan keberhasilan hidup, sedang technical expertise hanya menjadi penunjang saja. Sedang karakter bukanlah materi atau sesuatu yang bisa dimaterialisir, dengan cukup mengandalkan variabel dan parameter kuantitatif saja. Karakter yang hanya bisa didapat dengan cara dilakukan ( partisi partorik, ekspidensial learning ), bukan sebatas untaian kata-kata dalam sekatan ruang-ruang kelas di kampus.
Mapala ...
Sejak pendiriannya di media tahun 60 an, adalah sebuah sistem terbuka. Yang menimba pengetahuan dari lingkungan sekitarnya, sehingga terus berkembang dari segi kesadaran dan kecerdasannya. Saat bermula hanya sebatas menjadi pendaki gunung ,penempuh rimba, penakluk tantangan alam yang machois, lalu berubah menjadi pecinta alam dengan pengayaan pada aspek feminisme nya ( feminisme sebagai cara pandang, bukan dalam konteks gender ).
Mapala ...
Menjadi bukti, saat organisasi formal lain mati suri perlahan-lahan. Padahal sudah mendapat dukungan penuh dari dana APBN. Namun Mapala tetap hidup, bahkan semakin marak ditanah air. Sekaligus sebagai pembuktian, bahwa “ruh” itu bukan berada di ranah struktural material dengan dukungan dananya, namun dalam jiwa dan kesadaran. Yaitu saat menimba langsung dari alam dan lingkungan sekitar, melalui sebuah sistem yang berinteraksi secara terbuka, layaknya sebuah organisme hidup.
Mapala ...
Adalah solusi dari anak negeri. Untuk pembangunan jati-diri, bahwa kita putra-putri tanah pertiwi. Saat Jepang punya bushido, Jerman punya Deutchland Uber Alles, kita punya apa ?. Saat para petinggi sibuk mencari solusi bagaimana membangun karakter bangsa, entah berapa puluh ratus trilliun rupiah dikeluarkan untuk sejumlah usaha. Baik diskusi di kampus, atau seminar di hotel berbintang. Namun adakah hasilnya, kecuali mirip proyek P4, tentang penghayatan Pancasila, namun korupsi justru semakin menggila. Hanya kembali lagi, Pancasila dibuat menjadi struktur, dimaterialisasi, dihapal ... jauh dari “penghayatan”.
Sayangnya ....
Mapala tak hendak dilihat. Diberangus kedalam sistem tertutup, konon dengan memakai jargon sistem pendidikan tinggi. Dikerangkeng dalam struktur yang dipenuhi ancaman. Awas DO, awas kena sangsi admnistratif, dan tentu saja .... awas dipidana dan masuk penjara.
Sistem dibuat tertutup, isolasi dan alienasi, berlaku layaknya benda dan mesin, maka .... cukup satu penyebab, entah aksiden atau insiden, sang eksisten akan mengalami enthropy. Lalu bergerak menuju ekulibrium akhir, berupa kematian panas. Kematian harapan, kematian kesadaran, kematian semangat, yang tinggal hanya berupa ekulibrium akhir, dalam bentuk stagnasi kesadaran.
Menyedihkan, Mapala hanya dipandang sebagai sebuah strukur. Hanya bagian kecil dari sebuah mesin produksi, yang bernama perguruan tinggi.
Tapi tak hendak ...
Open system, serta dukungan dari semua pihak itu pasti ada, baik eksekutif dan legislatif, jika Mapala dirubah / re-design jadi proyek e-Mapala. Karena bukankah segala macam yang pakai “e” didepan pasti dapet dukungan. Seperti e-KTP contohnya, dimana ribuan orang dapat duit bancakan. Karena arti ‘e” disana bukanlah sebuah fungsi yang semakin maju, namun berarti pengumpulan duit alias materi... he he :D
So ....
Ketika sejumlah mapala di perguruan tinggi dikenai musibah, maka kita serentak bersuara. Wahai para sohib di Bramatala Widyatama, Universitas Lampung, dan lain-lain, yang terakhir di UNISI ... kita sama sama prihatin pada apa yang terjadi.
Namun suara dan dukungan, hanya menjadi bukti, bahwa kita saling terhubung.
Bahwa sekalipun banyak pihak yang menginginkan kita menjadi mesin, dengan cara dimasukan dalam sistem tertutup. Namun sesungguhnya kita tetap memakai sistem yang terbuka. Karena Mapala bukan mesin produksi, karena Mapala bukan e-mapala yang berarti materi, duit dan kekuasaan.
Karena Mapala berarti .... . Sebuah kesadaran yang terkolektifkan, untuk saling mendukung, silih asih, silih asah, silih asuh dan silih wangi, ... at any cost, seperti yang tersirat dan tersurat dalam kode etik Pecinta Alam Indonesia.
Sekaligus menjadi bukti
bahwa Mapala bukan mesin yang mudah dimatikan
dengan memakai mekanisme kekacauan sang enthropy
Tapi layaknya organisme yang akan tetap tumbuh menyubur
untuk mencapai cita cita seluruh anak bangsa.

-Yat Lessie-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam di Pasar Dieng Gunung Arjuno

SEJARAH Konon, Arjuna pernah melakukan pertapaan di sebuah gunung dengan sangat khusyuk selama berbulan-bulan. Kemudian tubuhnya mengeluarkan sinar dan memiliki kekuatan yang luar biasa, hingga membuat Kahyangan kacau. Kawah Condrodimuko menyemburkan laharnya, bumi berguncang, petir menggelegar di siang hari, hujan turun dan menimbulkan banjir, dan gunung tempat Arjuna bertapa terangkat ke langit. Para Dewa yang khawatir, maka melakukan tindakan untuk menghentikan pertapaan dari Arjuna tersebut. Kemudian Batara Ismaya diturunkan ke bumi dengan menjelma menjadi Semar. Dengan kesaktiannya, Semar memotong puncak gunung tempat Arjuna bertapa dan melemparkannya ke tempat lain. Kemudian Arjuna terbangun dari pertapaannya dan mendapat nasehat dari Semar untuk tidak melakukan pertapaan lagi. Kemudian tempat pertapaan tersebut disebut Gunung Arjuna, dan potongannya diberi nama Gunung Wukir. Gunung arjuno adalah gunung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di d

Pondokan - Gunung Arjuno Welirang

Pondokan - Gunung Arjuno Welirang    Tempat ini Bernama Pondokan, yaitu tempat berteduhnya para penambang belerang gunung welirang, Setiap kita mendaki gunung arjuno-Welirang via Tretes pasti singgah di tempat ini, entah cuma sekedar istrahat ataupun mendirikan tenda. Para penambang belerang inilah pendaki sejati menurutku, karena mereka setiap hari naik gunung welirang dan turun dengan membawa beban 1 atau 2 karung belerang dengan gerobak,padahal jalanya berbatu yang dimana saya bawa cariel aja kesusahan,mereka menempuh perjalanan skitar 4 jam untuk naik dan 2.5jam untuk turu. kalau ke arjuna atau ke welirang cobalah untuk singgah dan bercengkrama dengan para penambang disini mereka cukup ramah, banyak pelajaran hidup yang saya dapat ketika berinteraksi dengan mereka. mereka naik pada hari senin, dan turun pada hari jum'at untuk bertemu keluarga, selama 5 hari tersebut mereka bertahan oleh dinginya udara gunung dan mereka naik turun gunung welirang, unt

JENIS-JENIS GUA

JENIS-JENIS GUA Jenis-jenis gua ini ada beberapa macam yang dapat ditemukan di muka bumi ini. Baik alamiah maupun artifisial. Pembagian dari jenis-jenis gua tersebut adalah: A. Gua Alamiah. Gua ini terbentuk dari proses fisis kan kemis di alam. Gua ini memiliki bentuk yang sangat beragam. Gua alamiah ini antara lain berdasarkan batuan penyusunnya yaitu: a. Karst (Kapur) Bentuk akibat terjadinya peristiwa pelarutan beberapa jenis batuan akibat aktifitas air hujan dan air tanah, sehingga tercipta lorong-lorong dan bentukanbatuan yang sangat menarik akibat proses kristalisasi dan pelarutan batuan tersebut. Gua karst yang terjadi dalam kawasan batu gamping adalah yang paling sering ditemukan (70 % dari seluruh gua di dunia). Diperkirakan wilayah sebaran karst batu gamping RRC adalah yang terluas di dunia. Gua karst lainnya terdiri dari gypsum (banyak di AS), halite / garam NaCl dan KCl (banyak di Rusia, Rumania, Hongaria) dan dolomite (banyak di Eropa Barat) b. G